Tony Hall Mengundurkan Diri Akibat Wawancara Dengan Diana

Mantan Direktur BBC , Tony Hall
Mantan Direktur BBC , Tony Hall

London | EGINDO.co – Mantan direktur jenderal BBC Tony Hall mengumumkan pada hari Sabtu bahwa ia telah mengundurkan diri sebagai ketua Galeri Nasional setelah penyelidikan atas wawancara BBC tahun 1995 dengan mendiang Putri Diana.

Melanjutkan peran tersebut “akan menjadi gangguan,” kata Hall, yang merupakan direktur berita selama wawancara, menurut BBC.

“Saya sangat menyesal atas kejadian 25 tahun lalu dan saya percaya kepemimpinan berarti mengambil tanggung jawab,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Hall menjadi pengurus Galeri Nasional sejak November 2019, dan menjadi ketua pengurus pada Juli 2020.

Perkembangan terakhir terjadi setelah Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan Jumat bahwa dia “jelas sangat prihatin” tentang temuan penyelidikan wawancara BBC dengan Putri Diana.

The Met Police mengatakan akan menilai isi penyelidikan atas wawancara mantan wartawan BBC Martin Bashir dengan Putri Diana untuk memastikan tidak ada “bukti baru yang signifikan” untuk mendukung penyelidikan kriminal.

Menteri Kebudayaan Inggris Oliver Dowden mengatakan Kamis malam bahwa laporan itu “mengungkapkan kegagalan yang memberatkan di jantung BBC” dan dia akan “mempertimbangkan apakah reformasi tata kelola lebih lanjut diperlukan.”

Pangeran William dan saudaranya Harry sama-sama mengkritik kegagalan BBC seputar wawancara Panorama dengan ibu mereka. Pangeran William mengatakan wawancara itu memberikan “kontribusi besar untuk memperburuk hubungan orang tua saya,” menambahkan bahwa itu “telah menyakiti banyak orang sejak saat itu.”

Sebuah laporan yang diterbitkan Kamis oleh penyelidikan independen, yang dipimpin oleh pensiunan hakim Lord Dyson, mengatakan BBC tidak memenuhi “standar integritas dan transparansi yang tinggi” selama wawancaranya dengan Putri Diana.

Mantan wartawan BBC Martin Bashir telah bertindak dengan cara “menipu” dan memalsukan dokumen untuk mendapatkan wawancara sementara penyelidikan internal BBC sendiri pada tahun 1996 tentang apa yang terjadi “sangat tidak efektif,” kata penyelidikan itu.

Penyelidikan menemukan Bashir mengejek pernyataan bank palsu yang secara keliru menyarankan individu dibayar untuk menjaga sang putri di bawah pengawasan. Dia kemudian menunjukkan dokumen palsu itu kepada saudara laki-laki Diana, Earl Spencer, untuk mendapatkan kepercayaannya untuk mendapatkan akses ke Diana dan membujuknya untuk setuju memberikan wawancara.

BBC melakukan penyelidikannya sendiri terhadap masalah ini pada tahun 1996, tetapi “gagal memenuhi standar integritas dan transparansi yang tinggi,” menurut penyelidikan tersebut.

Bashir telah mengundurkan diri dari perannya sebagai editor agama BBC, perusahaan telah mengkonfirmasi minggu lalu.

Sumber : CGTN/SL